Cara Mengetahui Pasir yang Berkualitas untuk Bahan Bangunan

By On Tuesday, April 4th, 2017 Categories : Lifestyle

Pasir merupakan salah satu material yang penting dalam sebuah pembangunan baik itu gedung maupun rumah. Kebutuhan akan pasir pun jadi semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya proyek pembangunan rumah digalakkan oleh banyak pengembang investasi perumahan. Dengan banyaknya permintaan akan pasir ini sendiri secara tidak langsung akan berkenaan dengan harga pasir itu sendiri yang semakin tahun semakin meningkat.

Harga pasir yang terus naik ini pula yang kemudian menuntut kita untuk berhati-hati dan lebih teliti dalam memilih pasir yang berkualitas yang baik tentunya untuk dijadikan bahan membuat rumah. Selain memang karena harga, kualitas pasir juga penting untuk diperhatikan karena berhubungan erat dengan ketahanan dan keawetan bangunan setelah jadi dibuat.

Mengenai cara membedakan pasir yang berkualitas buruk dan baik itu sendiri bukanlah perkara yang sulit. Caranya pun sangat sederhana. Dimana anda cukup menggenggam pasir dengan sangat kuat kemudian melepaskannya. Jika setelah dilepas pasir tersebut menggumpal, maka dipastikan bahwa pasir tersebut kualitasnya sangat jelek alias tidak bagus. Hal ini dikarenakan pasir yang menggumpal tersebut banyak bercampur dengan lumpur. Perlu anda ketahui bahwa pasir semakin bagus jika setelah digenggam, pasir tetap tidak menggumpal alias tetap terurai yang menjadi pertanda kalau pasir tersebut tidak banyak mengandung lumpur.

Kenapa kita harus mengetahui kualitas pasir sebelum kita manfaatkan sebagai material bangunan? Jawabannya seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa pasir yang banyak mengandung lumpur akan berdampak pada mudahnya rusak beberapa bagian rumah. Berikut uraiannya :

  • Dengan pasir yang banyak mengandung lumpur, maka dipastikan anda akan lebih banyak menggunakan semen. Sehingga anda pun akan jadi lebih boros dalam pengeluaran ketika membangun sebuah bangunan atau bahkan rumah.
  • Lumpur yang banyak bercampur dengan pasir akan membuat pasir tidak merekat secara sempurna ketika dipasangkan sebagai plaster rumah. Alhasil dinding atau plaster dari pasir tersebut pun akan mudah terkelupas dan rusak sehingga anda akan lebih cepat memperbaiki bangunan yang anda buat tersebut dan menyebabkan boros.
  • Plasteran dengan pori-pori yang besar karena adanya campuran lumpur membuat mereka akan menggelembung hingga selanjutnya mudah jatuh ketika pada proses penempelan di dinding.
  • Kualitas yang buruk pada saat dibuat membuat dinding yang berbahan pasir berlumpur tersebut akan jadi cepat rusak. Hingga anda pun butuh tambahan budget untuk kemudian memperbaikinya.
  • Jika benar akan terjadi berbagai kerusakan tersebut pastinya anda akan kerugian dalam hal dana dan juga waktu hanya untuk memperbaikinya.

Dalam hal inilah anda harus memastikan bahwa pasir yang anda beli adalah pasir yang berkualitas. Meski memang pada dasarnya pasir yang berkualitas akan dibanderol dengan sangat mahal. Akan tetapi, demi sebuah kualitas yang mumpuni berapapun harga pasir maka akan biasa bagi anda.

Jenis pasir sendiri sangat beragam, dimana anda akan menemukan berbagai macam pasir dari berbagai daerah baik yang telah diolah maupun yang belum. Sekali lagi, harga pasir tersebut akan setara dengan kualitasnya. Anda yang menginginkan rumah yang awet dan tahan lama sudah pasti harus memilih pasir yang berkualitas sebagai bahan pembuatnya. Jangan tertipu dengan harga yang murah jika pada akhirnya anda yang akan justru banyak mengeluarkan dana untuk perbaikan.

Demikian informasi yang bisa saya berikan dalam blog ini. Semoga dapat memberikan inspirasi kepada anda dan juga bermanfaat bagi siapa saja yang tengah mencari informasi mengenai pasir dan kualitasnya.

Cara Mengetahui Pasir yang Berkualitas untuk Bahan Bangunan | yazidku | 4.5